• Jelajahi

    : Bengkalis Agama BAPPEDA KABUPATEN BENGKALIS Bathin Solapan Duri Fokus Fokus : Fokus : DPRD Fokus : DPRD Kab Bengkalis Fokus : DPRD Kabupaten Bengkalis Fokus : DPRD Kepulauan Meranti Fokus : Kecamatan Bathin Solapan Fokus : .Nasional Fokus : Agama Fokus : Bandar Laksamana Fokus : Batam Fokus : Bathin Solapan Fokus : Bathin Solapan.l Fokus : Bengkalis Fokus : Bengkalis. Fokus : Desa Fokus : Desa Balai Makam Fokus : DPRD Fokus : DPRD Bengkalis Fokus : DPRD Rohil Fokus : Duri Fokus : Hukrim Fokus : Inhil Fokus : Jakarta Fokus : Kab Bengkalis Fokus : Kab Rokan Hilir Fokus : Kabupaten Bengkalis Fokus : Kabupaten Inhu Fokus : Kabupaten Kepulauan Meranti Fokus : Kabupaten Siak Fokus : Kapolres Bengkalis Fokus : Kec Bathin Solapan Fokus : Kec Bathin Solapan. Fokus : Kec Pinggir Fokus : Kec Pinggir. Fokus : Kec. Bathin Solapan Fokus : Kecamatan Bathin Solapan Fokus : Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis Fokus : Kecamatan Mandau Fokus : Kecamatan Pinggir Fokus : Kepulauan Meranti Fokus : Kesehatan Fokus : Kesehatan. Fokus : Kota Batam Fokus : Kota Dumai Fokus : Kota Duri Fokus : Kulon Progo Fokus : Mandau Fokus : Medan Sumut Fokus : Meranti Fokus : Meranti. Fokus : Nasional Fokus : Olah Raga. Fokus : Pemcam Mandau Fokus : Pemerintah Desa Fokus : Pemkab Bengkalis Fokus : Pemkab Inhil Fokus : Pemkab Meranti Fokus : Pemkab Rohil Fokus : Pemkab Rohul Fokus : Pemkab Rokan Hilir Fokus : Pemkab Siak Fokus : Pendidikan Fokus : Polres Bengkalis Fokus : Polres Rohul Fokus : Polres Siak Fokus : Polsek Mandau Fokus : Provinsi Riau Fokus : Rengat Fokus : Riau Fokus : Rohil Fokus : Rohul Fokus : Siak Fokus : Wali Kota Dumai Fokus :Bathin Solapan Fokus :Polres Bengkalis Fokus Batam Fokus Bengkalis Fokus Inhil Fokus Kota Duri Fokus Nasional Fokus Riau Fokus Rohul Fokus Teluk Kuantan Fokus: Fokus Siak Fukus : Kecamatan Bathin Solapan. Fukus Kecamatan Mandau Fulus : Talang Muandau Fulus :Bandar Laksamana Hukrim IKLAN IKLAN DPRD Kabupaten Rokan Hilir Kabar DPRD Kabar DPRD Sungai Penuh Jambi Kec .Bathin Solapan Kegiatan Pokus : Pekan Baru Pokus : Pendidikan Polres Bengkalis Sosial Sumber : Polhukam RI Video
    Copyright © Kabar Lintas Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    | SEPUTAR RIAU

    Dihadiri Kasmarni, DPD PKDP Bengkalis Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SWT, Masak 1000 Lemang

    Minggu, 13 Oktober 2024, Oktober 13, 2024 WIB Last Updated 2024-10-13T08:02:09Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Dihadiri Bunda Kanduang Kasmarni, DPD PKDP Bengkalis Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SWT, Masak 1000 Lemang


    DURI – Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (DPD PKDP) Kabupaten Bengkalis dan DPC PKDP Kecamatan Mandau menggelar acara maulid Nabi besar Muhammad SAW 1446 H/2024 M dihalaman Musholla Al-Kiffah (PKDP) Duri, Jln. Rangau KM. 06.(Jln.Ilham), Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau."Semoga Kita Dapat Meningkatkan Keimanan, Ketaqwaan dan Cinta Kepada Allah SWT, Dan Rasulullah SWT."Minggu (13/10/24). 


    Malam sebelumnya juga telah digelar acara salawatan yang dipandu oleh Tuanku Mudo Irwan yang langsung dihadirkan dari Pariaman. Diperayaan puncak, gelaran maulid Nabi Muhammad ini dihadiri seluruh Ikatan Keluarga (IK) PKDP se Riau. 


    “Alhamdulillah berjalan Lancar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, mulai dari tadi malam hingga hari ini semua berjalam lancar. kemudian proses pembuatan seribu lemang melibatkan partisipasi aktif dari keluarga besar Pariman di Kabupaten Bengkalis, dan proses pembuatan lemang ini dilakukan secara gotong royong oleh anggota keluarga besar kita," Ketua PKDP Kabupaten Bengkalis. 


    Syiful Ardi, bahwa pembuatan 1000 lemang ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh PKDP Kabupaten Bengkalis dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dikenal dengan nama Gerakan Seribu Lemang.


    Menurutnya, dalam tradisi masyarakat Pariman, pelaksanaan malamang berlangsung selama sekitar tiga bulan dalam memperingati Maulid Nabi."Di kampung kita, ada istilah Bulan Maulud, Adik Maulud, dan Anak Maulud. Jadi, kegiatan malamang di PKDP se-Riau untuk memperingati Maulid Nabi.


    Selain GEMPAR & SATGAS, IK – IK yang ada dalam tubuh PKDP, DPW PKDP Provinsi Riau dan beberapa PKDP luar daerah juga tampak hadir dalam acara tersebut, antara lain, DPC Pekanbaru, Rengat, Inhu, Kampar, Rohul, Bengkalis. DPC Perawang, DPC Minas, DPC Kandis, DPC duri, DPC Pinggir, DPC Sorek serta Generasi Muda Pariaman (GEMPAR) Provinsi Riau


    Selain berselawat sesuai tradisi yang dilakukan para tetua terlebih dahulu, Makan Bajamba juga menjadi salah satu agenda dalam perayaan ini yang juga sebuah tradisi para Masyarakat Minang tersebut."Makan bajamba sendiri adalah makan secara bersama-sama didalam ruangan dengan tujuan mempererat tali persaudaraan antar sesama dan menjadi sebuah tradisi yang masih lestari hingga saat ini.


    “Perayaan Maulid Nabi kali ini kita berharap semakin meningkatkan rasa kekeluargaan terhadap sesama khususnya Masyarakat PKDP yang ada di Kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Mamdau dan sekitarnya, ” ucap Syaiful Ardi dan juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Priode 2024-2929.


    “Terima kasih atas kehadiran saudara-saudara kami khususnya ibuk bunda Kanduang Kasmarni, Camat Mandau, Riki Rihardi, dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bengkalis.begitu juga pengurus PKDP dari luar daerah yang telah hadir memenuhi undangan kami. Semoga ini menjadi amal ibadah untuk kita semua,”jelas Syaiful Ardi ia juga sebagai ketua PKDP Kabupaten Bengkalis. 



    Disela-sela acara, panitia juga mengumpulkan sedekah untuk pembangunan Musholla Al Kiffah yang memang sedang dalam proses pembangunan. “Alhamdulillah, kami juga menerima bantuan 5 juta rupiah dari bunda Kanduang Kasmarni untuk pembangunan Musholla kita lumayan besar. Kita berharap pembangunan ini dapat berjalan lancar,” pungkasnya. 

    Dalam sambutannya Bunda Kanduang Kasmarni menuturkan sifat serta teladan Nabi Muhammad SAW yang dapat dimaknai diantaranya, kedermawanan serta kemurahan hati, karena betapa pentingnya berbagai dan berbuat baik terhadap sesama manusia. meskipun beliau merupakan seorang pemimpin, namun beliau hidup dengan kesederhanaan."Sehingga hal ini menjadi pembelajaran agar tidak terlalu terpaku pada materi dan menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur.


    Kemudian keadilan Nabi Muhammad SAW menjadi contoh paling sempurna, melalui peringatan Maulid Nabi ini, mari seluruh pengurus PKDP, untuk bersama-sama merenungkan setiap ajaran dan hikmah yang disunahkan Rasulullah” Ujar Kasmarni. 


    Dalam Kesempatan tersebut Bunda Kanduang Kasmarni juga mengajak semua pengurus PKDP di tingkat Kabupaten, Kecamatan,lurah dan desa untuk terus berkarya, sehingga cita-cita dan impian untuk menjadikan kabupaten Bengkalis bermarwah maju dan sejahterah, tentunya melalui Program program KBS dua priode. 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini